Kayu sebagai bahan struktur elemen bangunan

Sampai hari ini fungsi kayu sebagai bahan struktur elemen bangunan masih dominan karena sebagian besar dari hampir semua bangunan perumahan dan struktur bangunan komersial dibangun dari kayu.

Karena masih berlimpahnya sumber kayu menyebakan hampir semua struktur bangunan perumahan, jembatan, bangunan komersial ringan, pabrik dan tiang menggunakan kayu solid.

Sekarang bangunan tersebut lebih banyak menggunakan bahan Kayu sebagai bahan struktur elemen bangunan yang lebih modern. Misalnya lantai, dinding, atap untuk konstruksi ringan umumnya dibuat dari papan kayu atau panel kayu.

Kayu sebagai bahan struktur elemen bangunan

Kayu untuk keperluan bangunan umumnya dari kelas kuat I, II dan III dengan rasio kekuatan terhadap berat yang cukup tinggi, serta mempunyai kelas awet I atau II. Bila dari kelas awet III atau di bawahnya, maka kayu tersebut harus diawetkan terlebih dahulu.

Penggunaan kayu gergajian secara konvensional untuk bahan bangunan hanya terbatas untuk kebutuhan tertentu dan tidak bisa digunakan untuk konstruksi bangunan yang memerlukan bentang yang lebar dan tinggi. Untuk mendapatkan kayu dengan bentangan dan ukuran yang besar sangat sulit, karena bentang dan ukuran terbesar sesuai dengan ukuran pohonnya.

Untuk mengatasi hal itu perlu dibuat balok glulam yaitu gabungan dua atau lebih papan kayu gergajian yang direkat dengan menggunakan perekat tertentu dengan arah serat kayunya sejajar satu sama lain.

Pencarian masuk untuk Kayu sebagai bahan struktur elemen bangunan:

Penggunaan kayu sebagai bahan konstruksi, makalah kayu sebagai bahan konstruksi, makalah kayu sebagai bahan bangunan, kelebihan dan kekurangan kayu sebagai bahan bangunan, Fungsi kayu sebagai bahan bangunan, dasar dasar penggunaan kayu sebagai bahan konstruksi,
definisi kayu sebagai bahan bangunan.

Diterbitkan oleh

Amirudin Abdul Karim

Bandar Kayu Dolken Gelam, kami jual Kayu Dolken Gelam berkualitas, telpon 0813-1140-0177 atau 0878-0567-2256, gratis ongkos kirim*), sampai ditempat baru bayar.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *